Manfaat Dongeng Untuk Tumbuh Kembang Anak

Manfaat Dongeng Untuk Tumbuh Kembang Anak

Manfaat Dongeng Untuk Tumbuh Kembang Anak

Manfaat Dongeng Untuk Anak

Anda semua sudah pasti pernah mendongengkan?, Ternyata dongeng bisa membantu anak untuk mengembangkan daya imajinasi mereka. Perlu anda ketahui bahwa dongeng sangat bermanfaat sekali untuk anak, walau pada praktiknya itu sangat merepotkan. Capek-capek pulang kerja, masih disuruh mendongengkan anak. Selain mendongeng, mewarnai gambar juga bisa untuk mengembangkan daya imajinasi anak.

Itu sangat keliru sekali menurut saya, justru ketika anda sedang penat dengan aktivitas pekerjaan anda, mendongengkan anak akan menjadi hiburan tersendiri untuk anda, selain itu anak juga akan senang ketika anda meluangkan waktu untuk mereka.

Menurut aladokter.com, ada beberapa manfaat mendongeng untuk anak. Yang pastinya ini akan menjadi langkah awal anda bila mulai sekarang anda belum mendongengkan anak anda terutama dongeng sebelum tidur. berikut manfaat mendongeng untuk anak :

  • Mendengarkan sebuah cerita bisa menstimulasi daya imajin dan berpikir agar buah hati kita tumbuh menjadi anak kreatif.
  • Setelah membacakan dongeng, Anda bisa memberi pertanyaan kepada anak tentang dongeng tersebut. Ini bisa bermanfaat untuk melatih daya ingat anak.
  • Melatih kemampuan mendengar dan memperbanyak kosakata anak.
  • Saat mendongeng, Anda dan buah hati anda bisa berpelukan, bercanda bersama dan saling menyatu. Ini bisa mendekatkan hubungan emosional anda dan anak anda.
  • Memperkenalkan anak dengan hal-hal baru yang belum mereka tahu, seperti nama hewan, gambar, angka, huruf dan sebagainya.
Mendongengkan langsung kepada anak akan lebih bagus dan bermanfaat daripada lewat media teknologi. Sebagai contoh anda memberikan anak anda aplikasi dongeng dan menyuruh mereka membaca atau mendengarkan dongeng lewat aplikasi itu.

Semoga yang sedikit ini bermanfaat, mari kita budayakan dongeng untuk anak sebagai salah satu kebiasaan yang kita hidupkan kembali. 

Jika anda ingin tahu cara mendongeng yang baik untuk anak, bisa anda lihat disini.

Loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top